STANDAR MUTU (SPMI) STIT AL-HILAL SIGLI

KATA PENGANTAR
Dokumen Sistim Penjaminan Mutu Internal STIT Al-Hilal Sigli pertama kali ditetapkan pada tanggal 1 Mei 2008. Dokumen tersebut terdiri dari Standar Akademik, kebijakan Akademik, dan Manual Mutu Akademik yang merupakan pedoman dasar dalam penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan di STIT Al-Hilal Sigli di masa mendatang. Pada saat itu Penjaminan Mutu Pendidikan menjadi wajib bagi setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal (Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, tentang standar Nasional Pendidikan Indonesia). Evaluasi implementasi dokumen Sistim Penjaminan Mutu Akademik STIT Al-Hilal Sigli dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang dibentuk pada Tahun 2006 sebagai unit penjaminan mutu Internal.
Penjaminan Mutu pada Pendidikan Tinggi dilaksanakan melalui suatu Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, terdiri dari Penjaminan Mutu Internal dan Penjaminan Mutu Eksternal. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012. Sistim penjaminan Mutu Pendidikan tersebut dilakukan melalui Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Standar Pendidikan Tinggi (siklus PPEPP) yang didasarkan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Mengacu pada UU tersebut dan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) telah menyusun dokumen SPMI. Standar Mutu STIT Al-Hilal Sigli berjumlah 24 standar sebagaimana disebutkan dalam dokumen kebijakan SPMI – STIT Al-Hilal Sigli. Ke-24 standar tersebut dikelompokkan dalam bidang (i) Pendidikan (8 standar); (ii) Penelitian (8 standar); (iii)Pengabdian Kepada Masyarakat (8 standar. Setiap standar tersebut memiliki indikator kinerja/capaian yang diukur berdasarkan data yang terintegrasi dalam Sistim Informasi Penjaminan Mutu.
Kami atas nama tim penyusun menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Bapak Ketua dan seluruh jajaran pimpinan yang telah memberikan dukungan sehingga dokumen SPMI ini dapat terselesaikan.

Penyusun

Post Author: admin

faza syakira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *