Arah dan Kebijakan Baru Pendidikan Agama Islam menuju Era 5.0 Dilingkungan PTAIS

stitalhilalsigli.ac.id – Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia Prof Dr Suyitno memberikan Kuliah umum di hadapan Civitas UIN Ar Raniry. Acara digelar di Auditorium Ali Hasymi, Jumat, 8 April 2022.

Prof Suyitno turut didampingi Rektor UIN Ar Raniry Prof Warul Walidin dan pembantu rektor Prof Dr. Gunawan Adnan. P. Hd , Prof Syahbudin Gade dan Prof Saifullah.
Peserta yang hadir yakni Rektor IAIN, IAIA dan STAI, STIT, STIS Se Aceh.

Prof Warul Walidin yang memandu acara mengatakan bahwa kehadiran Prof Suyitno diharapkan memberikan semangat baru dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di UIN dan Aceh secara umum, dan di UIN Ar Raniry secara khusus.

“Kita berharap kunjungan Bapak Prof Suyitno ke Aceh menjadi penyemangat meningkatkan kualitas pengelolaan Sumber Daya, Penelitian, Pengabdian dan Pembelajaran kita, khususnya Pendidikan Agama Islam,” ungkap Rektor.

Pentingya Akreditasi
Mengawali pemaparannya, Prof Suyitno menyampaikan bahwa dalam kuliah umum ini diharapkan menjadi pemicu dan pemacu dalam meningkatkan imun civitas akademika.
Menyinggung tata Kelola perguruan tinggi, Prof Suyitno tidak pernah meragukan kemampuan UIN dan Kampus di Aceh dalam mengelola pendidikan tinggi. Namun ia berharap, Perguruan Tinggi senantiasa meningkatkan kualitas.

Indikator tata kelola yang baik, lanjutnya, dapat dilihat pada status akreditasi institusi maupun program studi. Direktur Diktis Kemenag ini mengapresiasi kampus di Aceh, karena telah meraih akreditasi A,
“Kalau bicara nasionalisme, NKRI harga mati. Bagi perguruan tinggi, akreditasi harga mati.

Namun ia mengingatkan, proses penyiapan dokumen akreditasi tidak bisa ditempuh dengan waktu singkat maka semuanya harus dipersiapkan dengan terstruktur dan terencana dengan baik. Imbuh Prof Suyitno.(MF)

Post Author: admin

faza syakira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.