Sejarah

Sejarah Pendirian

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hilal Sigli bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al Hilal Sigli yang berkedudukan di Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Yayasan ini didirikan Tahun 1967 dengan Akta Notaris “Mula Pangihutan  Tambunan” Nomor 11  Tahun  1967,  Tanggal  27  November  1967. Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al Hilal Sigli sudah mengalami beberapa kali perubahan kepengurusan dan yang terakhir adalah perubahan berdasarkan Akta Notaris H.Azwir, SH, M.Si, M.Kn tanggal 5 Agustus Tahun 2015 tentang Revisi Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam. Adapun pengesahan pendirian badan hukum Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al Hilal Sigli sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI, Nomor AHU/0011007.AH.01.04.2015, tanggal 13 Agustus 2015. Yayasan PTI. Al-Hilal Sigli mengelola dua Sekolah Tinggi salah satunya yaitu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah. Adapun ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam yang sekarang adalah H. AbdullahAli, S.Ag. M.Pd.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hilal Sigli didirikan pada Tanggal 20 Mei 1988 berdasarkan Surat Menteri Agama Republik Indonesia yang saat itu dijabat oleh Bapak H. Munawir Syadhali dengan Surat Keputusan Nomor 64 Tahun 1991, tanggal 23 April 1991.

STIT Al-Hilal Sigli bertujuan untuk mendidik tenaga keguruan yang memiliki kualitas personal yang baik, produktif, proaktif dan mampu berkompetisi secara nasional.Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang mampu membumikan nilai-nilai Islam dan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.Menghasilkan tenaga keguruan yang dapat memberi teladan yang baik bagi siswa-siswinya.

Tugas Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi,penelitiandan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Kependidikan Agama Islam dan ilmu lain yang terkait sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 Sekolah

Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli menyelenggarakan fungsi:

1. Perumusan kebijakan dan perumusan program

2. Penyelenggaraan    Pendidikan    dan    Pengajaran    Ilmu    Pengetahuan Kependidikan Agama Islam dan ilmu lain yang terkait untuk kemaslahatan ummat manusia.

3. Penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan agama Islam dan ilmu lain yang terkait.

4. Pengabdian Kepada Masyarakat.

5. Pembinaan kemahasiswaan dan alumni.

6. Pembinaan   civitas   academica   dan   membangun   hubungan   dengan perguruaan tinggi dan/atau lembaga lain.

7. Pelaksanaan kerjasama dengan perguruan tinggi dan/atau lembaga lain.

8. Penyelenggaraan administrasi dan manajemen.

9. Pengendalian dan pengawasan kegiatan.

10.  Penilaian    prestasi    dan    proses    penyelenggaraan    kegiatan    serta penyusunanlaporan.

Luas Bangunan dan Sarana Prasarana

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hilal Sigli dibangun di atas tanah dengan luas 2.220.25 M (2.2 Hektar) berlokasi di Gampong Keunire, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie. Di atas tanah tersebut telah didirikan beberapa gedung sebagai pendukung perkualiahan. Selain gedung perkuliahan juga tersedia gedung perpustakaan, ruang dosen, ruang micro teaching, laboratotium media dan ruang ICT dan lain-lain.